Kamis, 31 Desember 2015

Zero Home, Rumah Paling Hemat Energi di Dunia

Bayangkan sebuah rumah minimalis, modern, futuristik, dan sangat nyaman lengkap tanpa harus dibebani tagihan listrik yang sangat murah. Tidak masuk akal bukan? Faktanya, rumah yang Anda idamkan dan bayangkan tersebut kini sudah hadir dan dikembangkan di beberapa wilayah Amerika Serikat. Proyek yang dikembangkan oleh kedua developer swasta tersebut, diyakini merupakan rumah yang paling hemat dalam penggunaan energi listrik di dunia.

Zero Home, adalah sebuah rumah yang didesain secara khusus untuk mengurangi beban penggunaan energi listrik yang berlebihan. Bahkan, energi yang digunakan pun sangat hemat hingga 95 persen. Berbasis teknologi mutakhir, rumah tersebut dapat menyesuaikan berbagai musim, khususnya lima musim yang sesuai dengan iklim negaranya. Dengan menggunakan kaca yang relatif besar, penggunaan lampu pun dapat diminimalisasikan sehingga pencahayaan pun lebih maksimal.

Menariknya, kaca jendela yang didesain pun dilapisi dua lapisan yang tiap lapisan, diisi gas khusus pelindung. Mereka dengan sengaja tidak memasang jendela terbuka karena rumah tersebut dilengkapi dengan ERV (Energi Recovery Ventilator) yang berfungsi secara otomatis mengolah kembali udara sesuai dengan musim yang sedang berlangsung. Akibatnya, penghuni tidak perlu khawatir untuk mencari pemanas atau pendingin ruangan yang dinilai sangat boros energi. Selain itu, teknologi yang digunakan untuk memanaskan air kamar mandi pun, menggunakan cadangan simpanan tenaga matahari yang secara sengaja diletakkan di atap rumah tersebut.

Meskipun menggunakan bahan serta energi yang terbaharui, proyek rumah tersebut dinilai cukup murah untuk dibuat secar massal. Dengan menggunakan perhitungan 150 Dollar AS per meternya, diharapkan rumah tersebut dapat menjadi sebuah konsep rumah masa depan yang akan hemat energi dan berdampak baik pada lingkungan. Selengkapnya: http://www.properti.net/artikel-zero-home-rumah-paling-hemat-energi-di-dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar