Kamis, 31 Desember 2015

Rumah Unik Tanpa Membutuhkan Semen

 
Dengan berbahan dasar tanah serta bebatuan dan air, rumah yang terletak di Phoenix, Kota Arizona dibangun tanpa sedikit pun menggunakan semen. Bahan dasar yang digunakan pun dengan mudah dapat diambil dari padang pasir yang terletak tidak jauh dari sekitar Arizona. Untuk mempercantik bangunan, sang desainer Wendell Burnette menambahkan unsur batu granit pada lapisan tembok.

Lapisan atap rumah dengan sengaja menggunakan baja ringan berwarna hitam agar serasi dengan warna dasar rumah tersebut. Sang desainer berkata dirinya beserta tim menggunakan warna hitam dan abu, bertujuan untuk mengurangi endapan debu pasir sehingga akan terlihat tampak bersih dari berbagai debu pasir di sepanjang musimnya.

Berdasarkan berbagai sumber, ternyata teknik membangun rumah berbahan rammed earth atau kombinasi air serta tanah merupakan teknik kuno para leluhur kita terdahulu. Bahkan, untuk memperkuat dinding, hanya cukup dengan menggunakan bebatuan yang dilengkapi dengan garam. Uniknya, semakin sedikit menggunakan air, semakin kokoh pula tembok yang dibangun. Selengkapnya: http://www.properti.net/artikel-rumah-unik-tanpa-membutuhkan-semen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar