Kamis, 18 Februari 2016

Prospek Menjanjikan Bekasi Sebagai Kawasan Properti


Prospek properti residensial di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Banten tahun ini diprediksi akan membaik dibanding tahun lalu. Pasalnya, di penghujung 2015 pertumbuhan sektor perumahan di kawasan ini menunjukkan pertumbuhan yang cukup agresif.

Riset yang dilakukan Indonesia Property Watch (IPW) memperlihatkan nilai penjualan hingga akhir 2015 lalu mencapai Rp1.194.680.621.115 atau naik sebesar 16,6% (qtq) dibanding kuartal sebelumnya.

“Hasil survei yang kami lakukan dianggap dapat mewakili paling tidak 75% dari pasar perumahan di wilayah ini. Meskipun demikian, secara tahunan angka penjualan ini masih lebih rendah 10,87% dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya,” kata Ali Tranghanda, CEO IPW.

Meskipun diakui pertumbuhan ini belum dapat dipastikan sebagai pola yang berlanjut, imbuh Ali, namun paling tidak merupakan sinyal positif untuk pasar perumahan, dibandingkan dengan tren menurun yang terjadi di dua kuartal sebelumnya.

Selain itu, prediksi yang dilakukan oleh Indonesia Property Watch dengan analisis terhadap wilayah yang cukup berpotensi di wilayah Bekasi, terbukti naiknya tingkat penjualan di wilayah ini cukup signifikan, yaitu mencapai 72,01% dibandingkan kuartal sebelumnya. Bandingkan dengan wilayah Bogor yang hanya tumbuh 15,44%, sementara Tangerang malah mengalami penurunan 8,52%.

“Segmen menengah menguat dengan komposisi penjualan terbesar di kisaran harga Rp500 juta hingga Rp1 miliar sebesar 48,9%, diikuti oleh segmen menengah-bawah sebesar 26,8%. Bahkan di segmen menengah-atas, meskipun mempunyai komposisi hanya 24,4%, namun terjadi pertumbuhan 21% dibandingkan kuartal sebelumnya,” urai Ali.

Dia mengatakan, periode akhir tahun 2015 yang sarat dengan musim liburan ternyata tidak berdampak langsung pada penjualan rumah secara keseluruhan. Selain itu aksi bom yang terjadi belum lama ini di bilangan Thamrin, Jakarta, diperkirakan juga tidak akan berdampak sistemik bagi penjualan perumahan secara nasional. (bn)


Jika Anda ingin berinvestasi di Bekasi, silakan kunjungi : http://bizpark3bekasi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar