Kamis, 18 Februari 2016

Pekanbaru Jadi Kota Tujuan Pemburu Durian


Bagi penikmat durian, Pekanbaru, Riau, kerap kali menjadi tujuan utama untuk memburu buah berduri ini.

Bermacam jenis durian tersedia dan bisa ditemukan di setiap sudut kota.

Seorang pedagang durian di kawasan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Radit, bahkan mengatakan, tak ada musim durian di Riau.

Sebab, pasokan durian terus datang sepanjang tahun.

Pemilik toko Rumah Durian Radit itu mengaku bisa mendapatkan omzet Rp 3 juta-Rp 5 juta sehari.

Sekalipun sepi pengunjung, kata Radit, tokonya setidaknya mendatangkan Rp 2 juta pasti per hari hanya dari penjualan durian, tak termasuk penjualan produk penganan olahan dari buah tersebut.

"Konsumen ya pasang surut, sama seperti air laut," kata Radit saat berbincang dengan Kompas.com.

Saat itu, Radit menyodorkan sebuah durian pisang yang harganya dipatok Rp 50.000. Dia tak hanya menjual durian jenis itu.

Harga durian yang dijajakannya dipatok pada harga Rp 40.000-Rp 65.000. Selain menjual, Radit menambahkan, dia juga memasok durian ke beberapa toko di kota itu.

Penjaja durian berderet di sepanjang kawasan itu. Ia mengaku, persaingan yang terjadi adalah persaingan sehat.

"Saingan sehatlah. Kami juga beda pemasok dengan tetangga," dia menjelaskan.

Zuhri, karyawan kios Pondok Duren Pangeran mengatakan hal senada. Persaingan para penjual durian terbilang sehat, meski tak jarang toko penjual durian berdiri bersebelahan.

Berbeda dengan Radit, Zuhri mengatakan bahwa saat ini bisa disebut sebagai musim durian. Setiap daerah di Sumatera selalu mengalami musim durian pada bulan yang berbeda.

"Sekarang (durian) daerah Sumatera Barat musimnya. Tergantung bulannya. Kalau bulan empat sampai lima, musimnya di Medan," kata Zuhri.

Dalam sehari, Pondok Duren Pangeran mengantongi omzet Rp 2 juta-Rp 5 juta. Di tempat ini, duren dijual dengan harga Rp 30.000-Rp 35.000 per butir.

Namun, beberapa jenis durian bisa dihargai lebih mahal. Misalnya, durian dari Padang, Sumatera Barat, yang harganya dipatok Rp 65.000 per butir.

Sementara itu, setiap harinya, Pondok Duren Pangeran bisa menjual sekitar 25 durian, tergantung kondisinya.

"Minimal sehari 25 (butir), tetapi bisa 100 (butir) lebih kalau sedang ada acara," tambah dia.

Dengan keragaman kuliner yang menggoda, membuktikan Kota Pekanbaru memiliki iklim bisnis dan investasi yang baik. Menjawab peluang tersebut, Grup Ciputra mempersembahkan Citra Garden Pekanbaru untuk menunjang kemajuan dan perkembangan Kota Pekanbaru. Hunian bergengsi yang terletak di daerah Panam ini akan menjadi wilayah strategis sebagai titik utama pengembangan Kota Pekanbaru di sebelah barat.

Selengkapnya: http://www.properti.net/artikel-pekanbaru-jadi-kota-tujuan-pemburu-durian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar